Sabtu, 24 Januari 2009

أفلاطون

أفلاطون' (باليونانية: Πλάτων پْلاَتُونْ) (عاش بين 427 ق.م - 347 ق.م) فيلسوف يوناني قديم, وأحد أعظم الفلاسفة الغربيين، حتى ان الفلسفة الغربية اعتبرت انها ماهي الا حواشي لأفلاطون. عرف من خلال مخطوطاته التي جمعت بين الفلسفة والشعر والفن. كانت كتاباته على شكل حوارات ورسائل وإبيغرامات(ابيغرام:قصيدة قصيرة محكمة منتهيه بحكمه وسخريه يعرف أرسطو الفلسفة بمصطلحات الجواهر ، فيعرفها قائلا أنها علم الجوهر الكلي لكل ما هو واقعي . في حين يحدد أفلاطون الفلسفة بأنها عالم الأفكار قاصدا بالفكرة الأساس اللاشرطي للظاهرة . بالرغم من هذا الإختلاف فإن كلا من المعلم و التلميذ يدرسان مواضيع الفلسفة من حيث علاقتها بالكلي ، فأرسطو يجد الكلي في الأشياء الواقعية الموجودة في حين يجد أفلاطون الكلي مستقلا بعيدا عن الأشياء المادية ، و علاقة الكلي بالظواهر و الأشياء المادية هي علاقة المثال ( المثل ) و التطبيق . الطريقة الفلسفية عند أرسطو كانت تعني الصعود من دراسة الظواهر الطبيعية وصولا إلى تحديد الكلي و تعريفه ، أما عند أفلاطون فكانت تبدأ من الأفكار و المثل لتنزل بعد ذلك إلى تمثلات الأفكار و تطبيقاتها على أرض الواقع.

أفلاطون هو أرسطوقليس، الملقَّب بأفلاطون بسبب ضخامة جسمه، وأشهر فلاسفة اليونان على الإطلاق. ولد في أثينا في عائلة أرسطوقراطية. أطلق عليه بعض شارحيه لقب "أفلاطون ". يقال إنه في بداياته تتلمذ على السفسطائيين وعلى كراتيلِس ، تلميذ هراقليطس ، قبل أن يرتبط بمعلِّمه سقراط في العشرين من عمره. وقد تأثر أفلاطون كثيرًا فيما بعد بالحُكم الجائر الذي صدر بحقِّ سقراط وأدى إلى موته؛ الأمر الذي جعله يعي أن الدول محكومة بشكل سيئ، وأنه من أجل استتباب النظام والعدالة ينبغي أن تصبح الفلسفة أساسًا للسياسة ، سافر إلى جنوب إيطاليا ، التي كانت تُعتبَر آنذاك جزءًا من بلاد اليونان القديمة. وهناك التقى بـالفيثاغوريين. ثم انتقل من هناك إلى صقلية حيث قابل ديونيسوس ، ملك سيراكوسا المستبد، على أمل أن يجعل من هذه المدينة دولة تحكمها الفلسفة. لكنها كانت تجربة فاشلة، سرعان ما دفعته إلى العودة إلى أثينا ، حيث أسَّس، في حدائق أكاديموس ، مدرسته التي باتت تُعرَف بـأكاديمية أفلاطون. لكن هذا لم يمنعه من معاودة الكرة مرات أخرى لتأسيس مدينته في سيراكوسا في ظلِّ حكم مليكها الجديد ديونيسوس الشاب، ففشل أيضًا في محاولاته؛ الأمر الذي أقنعه بالاستقرار نهائيًّا في أثينا حيث أنهى حياته محاطًا بتلاميذه.

فلسفته

أفلاطون في مدرسة أثينا نشاهد خلالها إيمائات أفلاطون إلى السماء تمثيلا لنظرية الأشكال التي كان يؤمن بها اللوحة للفنان ليوناردو دا فينشي.

أوجد أفلاطون ما عُرِفَ من بعدُ بطريقة الحوار، التي كانت عبارة عن دراما فلسفية حقيقية، عبَّر من خلالها عن أفكاره عن طريق شخصية سقراط ، الذي تمثَّله إلى حدِّ بات من الصعب جدًّا، من بعدُ، التمييز بين عقيدة التلميذ وعقيدة أستاذه الذي لم يخلِّف لنا أيَّ شيء مكتوب. هذا وقد ترك أفلاطون كتابةً ثمانية وعشرين حوارًا، تتألق فيها، بدءًا من الحوارات الأولى، أو "السقراطية"، وصولاً إلى الأخيرة، حيث شاخ ونضج، صورة سقراط التي تتخذ طابعًا مثاليًّا؛ كما تتضح من خلالها نظريته في المُثُل، ويتم فيها التطرق لمسائل عيانية هامة.

تميِّز الميتافيزياء الأفلاطونية بين عالمين: العالم الأول، أو العالم المحسوس، هو عالم التعددية، عالم الصيرورة والفساد. ويقع هذا العالم بين الوجود واللاوجود، ويُعتبَر منبعًا للأوهام (معنى استعارة الكهف) لأن حقيقته مستفادة من غيره، من حيث كونه لا يجد مبدأ وجوده إلا في العالم الحقيقي للـمُثُل المعقولة، التي هي نماذج مثالية تتمثل فيها الأشياء المحسوسة بصورة مشوَّهة. ذلك لأن الأشياء لا توجد إلاَّ عبر المحاكاة والمشاركة، ولأن كينونتها هي نتيجة ومحصلِّة لعملية يؤديها الفيض ، كـصانع إلهي، أعطى شكلاً للمادة التي هي، في حدِّ ذاتها، أزلية وغير مخلوقة (تيميوس).

هذا ويتألف عالم المحسوسات من أفكار ميتافيزيائية (كالدائرة، والمثلث) ومن أفكار "غير افتراضية" (كالحذر، والعدالة، والجمال، إلخ)، تلك التي تشكِّل فيما بينها نظامًا متناغمًا، لأنه معماري البنيان ومتسلسل بسبب وعن طريق مبدأ المثال السامي الموحَّد الذي هو "منبع الكائن وجوهر المُثُل الأخرى"، أي مثال الخير.

لكن كيف يمكننا الاستغراق في عالم المُثُل والتوصل إلى المعرفة؟ في كتابه فيدروس، يشرح أفلاطون عملية سقوط النفس البشرية التي هَوَتْ إلى عالم المحسوسات – بعد أن عاشت في العالم العلوي - من خلال اتحادها مع الجسم. لكن هذه النفس، وعن طريق تلمُّسها لذلك المحسوس، تصبح قادرة على دخول أعماق ذاتها لتكتشف، كالذاكرة المنسية، الماهية الجلية التي سبق أن تأمَّلتها في حياتها الماضية: وهذه هي نظرية التذكُّر، التي يعبِّر عنها بشكل رئيسي في كتابه مينون ، من خلال استجواب العبد الشاب وملاحظات سقراط الذي "توصل" لأن يجد في نفس ذلك العبد مبدأً هندسيًّا لم يتعلَّمه هذا الأخير في حياته.

إن فنَّ الحوار والجدل، أو لنقل الديالكتيكا ، هو ما يسمح للنفس بأن تترفَّع عن عالم الأشياء المتعددة والمتحولة إلى العالم العياني للأفكار. لأنه عن طريق هذه الديالكتيكا المتصاعدة نحو الأصول، يتعرَّف الفكر إلى العلم انطلاقًا من الرأي الذي هو المعرفة العامية المتشكِّلة من الخيالات والاعتقادات وخلط الصحيح بالخطأ. هنا تصبح الرياضيات ، ذلك العلم الفيثاغوري المتعلق بالأعداد والأشكال، مجرد دراسة تمهيدية. لأنه عندما نتعلَّم هذه الرياضيات "من أجل المعرفة، وليس من أجل العمليات التجارية" يصبح بوسعنا عن طريقها "تفتيح النفس [...] للتأمل وللحقيقة". لأن الدرجة العليا من المعرفة، التي تأتي نتيجة التصعيد الديالكتيكي، هي تلك المعرفة الكشفية التي نتعرَّف عن طريقها إلى الأشياء الجلية.

لذلك فإنه يجب على الإنسان - الذي ينتمي إلى عالمين – أن يتحرر من الجسم (المادة) ليعيش وفق متطلبات الروح ذات الطبيعة الخالدة، كما توحي بذلك نظرية التذكُّر وتحاول البرهنة عليه حجج فيدون. من أجل هذا يجب على الإنسان أن يعيش على أفضل وجه ممكن. فمعرفة الخير هي التي تمنعه من ارتكاب الشر. ولأنه "ليس أحد شريرًا بإرادته" فإن الفضيلة، التي تقود إلى السعادة الحقيقية، تتحقق، بشكل أساسي، عن طريق العدالة، التي هي التناغم النفسي الناجم عن خضوع الحساسية للقلب الخاضع لحكمة العقل. وبالتالي، فإن هدف الدولة يصبح، على الصعيد العام، حكم المدينة المبنية بحيث يتَّجه جميع مواطنيها نحو الفضيلة.

هذا وقد ألهمت مشاعية أفلاطون العديد من النظريات الاجتماعية والفلسفية، بدءًا من يوطوبيات توماس مور وكامبانيلا، وصولاً إلى تلك النظريات الاشتراكية الحديثة الخاضعة لتأثيره، إلى هذا الحدِّ أو ذاك. وبشكل عام فإن فكر أفلاطون قد أثَّر في العمق على مجمل الفكر الغربي، سواء في مجال علم اللاهوت (اليهودي والمسلم والمسيحي) أو في مجال الفلسفة العلمانية التي يشكِّل هذا الفكر نموذجها الأول.


Plato

Plato '(in Greek: Πλάτων پلاتون) (lived between 427 BC. M - 347 BC. M) ancient Greek philosopher, and one of the greatest philosophers of Western, to the extent that Western philosophy, but what it considered the footnotes to Plato. Known through Mktootath which is a combination of philosophy, poetry and art. The writings in the form of dialogues, letters, Ibegramat (Abigram: a short poem as his closed court and a mockery of the philosophy of Aristotle defined terms jewels, saying it was aware of Viarafha total for each substance that is unrealistic. While Plato defines philosophy as the world of ideas, meaning the idea Alleshrti the basis of the phenomenon. Spite of this difference, both teacher and student, studying subjects in relation to the philosophy of the kidney, Vorsto find things in the overall realism found in Plato, while the total separate from the physical objects, events and the overall relationship and material things is the relationship between example (ideal) and the application. the way Aristotle's philosophy when it means getting the study of natural phenomena and leading to the identification and definition of the total, while Plato was at the start of the ideas and ideals to come down next to the representations and perceptions of ideas and applications on the ground.
Plato is Orstokulais, alias Boflaton Because of the magnitude of his body, the most famous philosophers of Greece for all. Born in Athens in the family Orstoukratip. Some called Harahih the title of "Plato." He was reportedly in the offing schooled on the sophists and Kratils, students Hrakulaitts, before the associated Bmwalimh Socrates was twenty years old. Plato has been affected much after the Governing unjust Socrates was right and led to his death; which made him realize that the States are governed by the bad, and that in order to restore order and justice should become a basis for policy philosophy, he traveled to southern Italy, which was then considered part of the the country's ancient Greece. There he met Balwithagurien. He then moved from there to Sicily, where he met Dionyssos, tyrannical king of Siracusa, in the hope that this city makes it a State governed by the philosophy. But it was a failed experiment, quickly pushed him to return to Athens, where he established, in the gardens Okademus, his school, which has become known as the Academy of Plato. But this did not stop him from resuming the ball more times of the founding of the city under the rule of Siracusa Mena Dionyssos new man, also in the failure of attempts; which finally convinced him to stability in Athens ended his life surrounded with Ptlamivh.

Philosophy


Plato at the School of Athens, during which we see Plato gestures to the sky representative of the theory of forms that he believed the painting of the artist Leonardo da Vinci.
Plato created what was known as a way of dialogue, which was a real philosophical drama, through which his thoughts through the character Socrates, who posed to the extent it is very difficult, remote, the distinction between faith and the faith of the student teacher who did not replace any of us something in writing. This has left Plato writing a twenty-eight, which is represented, from the first dialogues, or "Alsagratip", leading to the latter, where the aged and matured, the image of Socrates made an ideal; which is also evident in the theory goes, and are addressing the issues Aianip important.
Platonism Almitavezia distinguish between two worlds: the first world, or the perceived world, is a pluralistic world, a world happening and corruption. The presence of this world and nonentity, and the source of illusions (the meaning of the cave metaphor), because what it learned from others, as a principle not found only in the presence of the real world, such as reasonable, which are perfect examples of the intangible things are distorted. This is because there are things not only through simulations and participation, and that the disruption is the result of the outcome of the process performed by the flood, God as an artisan, given the form of the material that is, in itself, timeless and non-created (Timeos).
The world consists of ideas Mahsusat Mitavesiaiip (Caldairp, and triangle) and the ideas of "non-default" (Kalhdhir, justice, beauty, etc.), those which are among a line, that the architect of the serial architecture and because of and through the principle of the common example is the Commissioner " The essence of being the source of the other ideals, "any good example.
But how can we indulge in the world of ideals and access to knowledge? Vidroos in his book, Plato explains the process of the fall of the human soul, which plunged into the world Mahsusat - Having lived in the upper world - through the union with the body. But this self-restraint, and by seeing a significant, being able to enter the depths to find the same, Kalmakrp forgotten, the what had been obvious in her last Tommeltha: This is the theory of memory, which is expressed mainly Menon in his book, through the interrogation of al-young Socrates and the observations of the "reach" to find the same principle that al-engineering did not learn of the latter in his life.
The art of dialogue and debate, or to transfer Aldeketika, is allowed to Ttrf that the same things about the world of multiple and shifting Yani to the world of ideas. Because it is through these Aldeketika rising about the assets, thought to recognize the flag from the opinion, which is formed vernacular knowledge and beliefs of the Phantoms and the right mix by mistake. Is here that mathematics, science Alwithagori on the numbers and shapes, just a preliminary study. Because when we learn of this mathematics "to know, and not for commercial operations," through which we can become "self-opening of the [...] hopes and reality." Because the higher level of knowledge, which is a result of the escalation Aldeketiki, is the knowledge that scouting the way we learn about the obvious things.
Therefore, it must be human - who belongs to two worlds - that is liberated from the body (article) to live in accordance with the requirements of the eternal spirit of nature, as suggested by the theory of memory and is trying to prove the arguments of the Enlightenment. To this must be the rights to live in the best possible way. Knowledge is good that would prevent him from committing evil. And that he "is not one of their own evil," the virtue, that leads to true happiness is achieved, primarily, through the justice, harmony which is the psychological impact of the sensitivity of the subject under the heart of the wisdom of the mind. Thus, the goal of becoming the State, on a general level, the rule of the city is built so that all its citizens about virtue.
This has inspired many of the communal Plato social and philosophical theories, ranging from Thomas Moore, and to propagate Utopias Kambanela, leading to the modern theories of socialism under the influence, to some degree. In general, the thought of Plato has had an impact on the overall depth in the western thought, whether in the field of theology (Jewish and Muslim and Christian), or in secular philosophy, which is a model I thought.

Plato

Plato '(dalam bahasa Yunani: Πλάτων پلاتون) (hidup antara 427 SM. M - 347 BC. M) filsuf Yunani kuno, dan salah satu yang paling besar filosof Barat, sampai batas-batas yang Barat filsafat, tetapi apa yang dianggap sebagai catatan kaki untuk Plato. Dikenal melalui Mktootath yang merupakan kombinasi filsafat, puisi dan seni. Tulisan-tulisan dalam bentuk dialog, huruf, Ibegramat (Abigram: puisi singkat sebagai pengadilan ditutup dan cemooh dari filosofi Aristotel ditetapkan persyaratan jewels, mengatakan ia sadar Viarafha total untuk setiap substansi yang tidak realistis. Sedangkan Plato mendefinisikan filosofi sebagai dunia ide, yang berarti gagasan Alleshrti dasar dari fenomena. Walaupun ini perbedaan, baik guru dan siswa, belajar mata pelajaran yang terkait dengan filosofi dari ginjal, Vorsto menemukan hal-hal dalam keseluruhan realisme ditemukan di Plato, sedangkan total terpisah dari fisik benda, aktivitas dan keseluruhan hubungan dan materi adalah hal hubungan antara contoh (ideal) dan aplikasi. cara Aristotel filosofi berarti bila mendapatkan ilmu dan fenomena alam yang mengarah ke identifikasi dan definisi dari total, sedangkan Plato telah di mulai dari ide dan cita-cita untuk turun di sebelah pernyataan dan persepsi ide dan aplikasi di lapangan.
Plato adalah Orstokulais, alias Boflaton Mengingat besarnya dari tubuhnya, yang paling terkenal dari filosof Yunani bagi semua. Lahir di Jakarta dalam keluarga Orstoukratip. Beberapa bernama Harahih judul "Plato." Dia dilaporkan di dekat schooled pada sophists dan Kratils, siswa Hrakulaitts, sebelum terkait Bmwalimh Socrates adalah dua puluh tahun. Plato telah banyak terpengaruh setelah Pemerintahan Socrates adalah tidak adil dan kanan menyebabkan kematiannya, yang membuat dia menyadari bahwa Negara-negara diatur oleh yang jahat, dan bahwa dalam rangka untuk memulihkan ketertiban dan keadilan harus menjadi dasar bagi kebijakan filosofi, dia bepergian ke selatan Italia, yang kemudian dianggap sebagai bagian dari negara dari Yunani kuno. Sana dia bertemu Balwithagurien. Ia kemudian dipindahkan dari sana ke Sicily, di mana dia bertemu Dionyssos, raja lalim Siracusa, dengan harapan kota ini akan diatur oleh sebuah Negara filosofi. Tetapi hal ini merupakan percobaan gagal, dengan cepat mendorong dia kembali ke Jakarta, di mana dia didirikan, di kebun Okademus, maka sekolah yang telah menjadi dikenal sebagai Akademi Plato. Namun hal ini tidak pernah berhenti dari dia melanjutkan bola kali lagi yang mendirikan kota di bawah supremasi Siracusa Mena Dionyssos baru manusia, juga dalam upaya kegagalan, yang akhirnya dia yakin untuk stabilitas di Athena berakhir hidupnya dikelilingi dengan Ptlamivh.

Filosofi


Plato di School of Athens, selama yang kita melihat gerak-gerik Plato ke langit wakil dari teori bentuk-bentuk yang dia percaya lukisan dari seniman Leonardo da Vinci.
Plato menciptakan apa yang dikenal sebagai salah satu cara untuk dialog, yang merupakan drama nyata filosofis, melalui pemikiran-Nya yang melalui karakter Socrates, yang posed sebagaimana sangat sulit, jauh, perbedaan antara iman dan iman kepada siswa guru yang tidak mengganti salah satu dari kami sesuatu secara tertulis. Plato kiri ini telah menulis dua puluh delapan, yang diwakili, dari dialog pertama, atau "Alsagratip", yang mengarah ke yang kedua, di mana umur dan matang, gambar yang dibuat dari Socrates yang ideal, yang juga tampak jelas dalam teori berjalan, dan mengatasi masalah Aianip penting.
Platonisme Almitavezia membedakan antara dua dunia: dunia pertama, atau yang dirasakan dunia, adalah pluralistic dunia, dan dunia terjadi korupsi. Kehadiran dunia ini dan seorang yg tak berarti, dan sumber ilusi (arti kiasan gua), karena apa yang dipelajari dari orang lain, sebagai prinsip tidak ditemukan hanya dalam keberadaan dunia nyata, seperti yang wajar, yang merupakan contoh sempurna dari intangible sesuatu yang berubah. Hal ini karena ada sesuatu bukan hanya melalui simulasi dan partisipasi, dan bahwa gangguan adalah akibat dari hasil proses yang dilakukan oleh banjir, Allah sebagai Artisan, mengingat bentuk material yang, dengan sendirinya, tanpa batas waktu dan tidak menciptakan (Timeos).
Dunia terdiri dari ide Mahsusat Mitavesiaiip (Caldairp, dan segitiga) dan ide-ide yang "non-default" (Kalhdhir, keadilan, keindahan, dll), orang-orang yang di antara baris, bahwa arsitek dari serial arsitektur dan karena dan melalui prinsip umum contoh adalah Komisaris " Inti sebagai sumber cita-cita yang lain, "setiap contoh yang baik.
Tetapi bagaimana kita dapat memuaskan diri dalam dunia cita-cita dan akses untuk pengetahuan? Vidroos dalam bukunya, Plato menjelaskan proses jatuhnya jiwa manusia, yang plunged ke dunia Mahsusat - Setelah tinggal di atas dunia - melalui kesatuan dengan badan. Tetapi ini pengendalian diri, dan oleh karena yang signifikan, karena dapat memasuki kedalaman untuk menemukan yang sama, Kalmakrp terlupakan, apa yang telah jelas di terakhir Tommeltha: Ini adalah teori memori, yang dinyatakan terutama Menon dalam bukunya, melalui interogasi al-muda Socrates dan pengamatan dari "jangkauan" untuk menemukan prinsip yang sama Al-teknik yang tidak belajar dari yang kedua dalam hidupnya.
Seni dialog dan debat, atau untuk mentransfer Aldeketika, diperbolehkan untuk Ttrf bahwa hal yang sama tentang dunia dan beberapa pergeseran Yani ke dunia ide. Karena melalui Aldeketika meningkat tentang aset, pikiran untuk mengenali bendera dari pendapat yang membentuk pengetahuan dan kepercayaan rakyat yang Phantoms dan hak campuran oleh kesalahan. Disini adalah bahwa matematika, ilmu Alwithagori pada jumlah dan bentuk, hanya sebuah studi pendahuluan. Karena apabila kita belajar matematika ini "untuk tahu, dan bukan untuk operasi komersial," melalui apa yang kita dapat menjadi "membuka diri dari [...] harapan dan kenyataan." Karena semakin tinggi tingkat pengetahuan, yang merupakan hasil dari kenaikan Aldeketiki, adalah pengetahuan bahwa kepramukaan cara kita belajar tentang sesuatu yang jelas.
Oleh karena itu, harus manusia - yang dimiliki oleh dua dunia - yang liberated dari badan (artikel) untuk hidup sesuai dengan persyaratan yang kekal roh alam, seperti yang diusulkan oleh teori memori dan sedang mencoba untuk membuktikan argumen dari Enlightenment. Untuk ini harus hak untuk hidup di jalan yang terbaik mungkin. Pengetahuan yang baik yang akan mencegah dia dari melakukan kejahatan. Dan bahwa ia "bukan merupakan salah satu dari kejahatan mereka sendiri," yang baik, yang membawa kebahagiaan adalah benar tercapai, terutama, melalui keadilan, kerukunan psikologis yang merupakan dampak dari sensitivitas subjek di bawah jantung yang hikmah dari pikiran. Dengan demikian, tujuan menjadi negara, pada tingkat umum, peraturan dari kota ini dibangun sehingga semua warga negara tentang kebaikan.
Hal ini banyak terinspirasi dari Plato komunal sosial dan filosofis teori, mulai dari Thomas Moore, dan menyebarkan Utopias Kambanela, yang mengarah ke modern dari teori sosialisme di bawah pengaruh, untuk beberapa derajat. Secara umum, pemikiran Plato telah berdampak pada keseluruhan mendalam dalam pemikiran barat, baik di bidang teologi (Yahudi dan Muslim dan Kristen), atau dalam filsafat sekuler, yang merupakan model I thought.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar